Pencairan BPJS Ketenagakerjaan



Pencairan BPJS ketenagakerjaan sekarang hanya bisa dilakukan di kantor cabang BNI yang ditunjuk oleh setiap kantor cabang BPJS TK. Kalau wilayah Tangerang bisa mencairkan di kantor BNI yang beralamat di Ruko Jalur Sutera Kav. 29D No. 15, Jl. Raya Serpong KM. 8, Pakulonan, Serpong Utara, Banten, Telepon:(021) 70171556. (Dekat Lotemart alam sutra).
Sedikit tips untuk mencairkan BPJS TK dari pengalaman teman saya:
1.       NO ANTRIAN

Daftar no antrian dengan mengisi buku absen sekaligus mengambil formulir jam 23.00 untuk mencairkan BPJS TK besok. No yang didapat hanya no antrian sementara, no antrian yang sesungguhnya baru dibagikan jam 08.00 besok paginya. Waktu dia pertama datang jam 7 pagi, no antriannya sudah habis kata securitynya, dan datang besok lebih pagi katanya. Keesokannya dia datang pukul 05.10, dia  isi buku absen dan dapet no sementara no 39. Dia pun pulang dulu kerumah untuk mengambil persyaratan yang belum lengkap karena menurut securitynya, no antrian benerannya baru dibagiin jam 08.00. setelah dia pulang dan balik lagi ke kantor BNI no dia sudah di salip. Dia datang jam 08.10 dan dikasih no 54. Katanya untuk yang tidak hadir pada saat pemberian no antrian beneran maka nama yang sudah absen akan dilewati. Dengan emosi karena tidak diberitahukan sebelumnya, dia pun ambil no antrian tersebut. Ternyata hari itu cs hanya bisa melayani 50 peserta dan antrian 50 keatas disuruh balik besok pagi dan absen ulang. Sungguh mengenaskan. Dia pun akhirnya datang malamnya untuk absen jam 23.00. itupun ternyata dia sudah no urut ke 7. Den keesokannya pun dia dapat no antrian benerannya no 7. Setelah itu dia disuruh kelantai 2 untuk proses pencairan BPJS TK.

2.       PENGECEKAN DOKUMEN

Dokumen yang diperlukan untuk pencairan BPJS TK antara lain:
a.       Kartu asli BPJS TK dan foto copy 2 lembar
b.       Ktp asli dan foto copy 2 lembar
c.        Kk asli dan foto copy 2 lembar
d.       Ijsah/buku nikah/akte lahir asli dan foto copy 2 lembar jika data di BPJS berbeda dengan ktp/kk
e.       Surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan asli dan foto copy 2 lembar
f.         Surat keterang tidak bekerja asli dan foto copy 2 lembar bermaterai 6000 dan ditandatangani
g.       Surat keterangan berhenti bekerja dari DISNAKER (untuk yang berhenti bekerja 1 september – 31 desember 2015)
Setelah dokumen lengkap maka sayapun melanjutkan ke tahap berikutnya.
Sebagai catatan untuk pencairan BPJS TK yang sudah dilakukan online atau didaftarkan ke kantor cabang maka tidak bisa dilakukan di kantor cabang BNI ini.

3.       INTERVIEW DAN FOTO

Pada tahapan ini, dia di tanya beberapa hal oleh pihak bank, dia ntaranya :
a.       Apakah sekarang masih bekerja?
b.       Apa kegiatan sekarang?
c.        Dll.
Setelah dilakukan wawancara maka sayapun di foto dan melanjutkan ke tahap berikutnya.

4.       PEMBUKAAN REKENING BNI
Setelah sesi foto selesai dia disuruh buka rekening di lantai 1 kantor itu. Rekening itu dijadikan tempat transfer dana pencairan BPJS TK dia nantinya.

5.       PENCAIRAN
nanti tunggu terupdatenya klo sudah cair. soalnya dia baru mengajukan tanggal 22 maret 2016.

Itulah pengalaman dia mencairkan dana BPJS TK di kantor BNI. Semoga bermanfaat dan apabila ada yang kurang bisa ditambahkan.

No comments:

Powered by Blogger.