Cara Mengurus STNK Hilang di samsat ciledug Kota Tangerang



Saat pertama kali tau STNK hilang dari adik (saat itu dia yang bawa STNK) rasanya tuh dah kebayang ngurusnya ribed, bolak balik, keluar banyak duit, antri, dll. Tapi kalau cuma marahin adaik dan ngebayangin yang tadi, yang pasti STNK g bakal kembali. Untuk itu lah saya bergegas untuk mengurusnya.

Berikut Step-step yang saya lakukan :

1. Pada tanggal 1 Agustus 2017 jam 08.00 saya mendatangi kantor polisi untuk meminta surat keterangan hilang STNK. Syarat yang diperlukan :
a. FC KTP
b. FC STNK
c. FC BPKB
Gak sampai 20 menit surat keterangnnya jadi, sebenernya biayanya gratis, tp boleh klo ada yg mau kasih "uang kopi".

2. Pada hari yang sama saya menuju Samsat ciledug (depan SMK Yupentek). Saya langsung memarkirkan motor saya untuk cek fisik dan saya tinggalkan motor menuju tempat pendaftaran cek fisik. Syarat yang diperlukan:
a. FC KTP
b. FC STNK
c. FC BPKB
d.Surat keterangan STNK hilang dari kepolisian Asli
Setelah dapet surat untuk cek fisik, motor sayapun di lakuakn cek fisik dan kemudian menyerahkan hasil cek fisik tadi ketempat pendaftaran tadi. Sebenarnya cek fisiknya gratis, tapi oknumnya minta "uang Kopi" seikhlasnya. Kemudian saya disuruh menunggu +- 20 menit. Saya pun dipanggil setelah itu dan diberi tanda pengambilan Cek fisik yang disuruh ditukarkan dengan hasil cek fisik di gedung samsat di loket penyerahan Plat nomor di lt 1. Saya pun menuju loket tersebut didalam gedung. Setelah +- 10 menit saya dipanggil dan disuruh membayar uang Rp.30.000,- dan disuruh menuju loket pendaftaran perubahan identitas di lt 2. Di lantai 2 saya menyerahkan hasil cek fisik dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 50.000,- dan suruh balik keesokan harinya, dengan diberikan tanda pengambilan berkas. sampai proses disini waktu sudah menunjukan pukul 09.30.

3. Keesokan harinya saya kembali ketempat pendaftaran perubahan identitas jam 08.00 dengan menunjukan tanda pengambilan berkas. kemudian saya disuruh kekasir untuk melakukan pembayaran percetakan stnk baru. Setelah saya dipanggil dikasir saya disuruh membayar biaya percetakan STNK sebesar Rp. 100.000,- dan disuruh menunggu diloket disamping kasir untuk penyerahan STNK, dan setelah menunggu +- 20 mnt sy dipanggil dan taraaaa..... STNK saya sudah jadi. Tapi......
Di STNK baru saya ada keterangan STNK Hilang/Rusak.... T_T
apa boleh buat, gpp lah daripada g ada STNK. dan semua prosespun kelar jam 09.15.

Catatan dan Tips:
- Harga mungkin bisa berubah sewaktu-waktu
- STNK saya yang hilang adalah motor New Soul GT tahun 2015
- Usahakan datang sepagi mungkin dan kalau bisa hari biasa untuk mencegah antrian yang lama
- Kalau mau cek fisik langsung parkirkan kendaraan di tempat Cek fisik.

Sekian, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan berguna.

"Kehilangan adalah rasa yang mampu menyadarkan kita akan pentingnya hal itu" (Agus HY)

2 comments:

  1. Assalamualaikum saya ingin berbagi cerita masalah surat surat kendaraan saya yang telah terbit berkat bantuan bpk H.MULYADI
    Alhamdulillah STNK dan BPKB saya sudah terbit berkat bantuan Bpk H. Mulyadi beliau yang bekerja di Kantor Samsat Pusat Jakarta, dan saya coba bantu publik melalui media bagi teman teman yang mengalami masalah kehilangan surat surat kendaraan anda, solusi'nya anda bisa minta bantuan kepada BPK H.MULYADI Beliau yang bekerja di samsat pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123

    Adm untuk pengurusan STNK & BPKB

    •untuk kendaraan roda 2
    1. Biaya Penerbitan STNK Rp1.000.000
    2. Biaya Penerbitan TNKB Rp60.000
    3. Biaya Penerbitan BPKB Rp2.250.000
    4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp150.000

    •Untuk Kendaraan Roda 4
    1. Biaya Penerbitan STNK Rp2.000.000
    2. Biaya Penerbitan TNKB Rp100.000
    3. Biaya Penerbitan BPKB Rp5.000.000
    4. Biaya Penerbitan surat Mutasi Rp250.000

    ReplyDelete
  2. kalo gada fotocopy stnk nya gimana gan?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.